Matius 11 – Berkat yang mendorong ke pertobatan

Matius 11:21-22
“Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.

Sangat tertegur dengan ayat pendek ini, bagaimana klu kata kota ini diganti menjadi nama saya/kita !

Celakalah engkau arie! Celakalah engkau …….! Karena jika orang lain yang menerima mujizat-mujizat yang telah terjadi padamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan orang lain itu akan jauh lebih ringan dari pada tanggunganmu.

Ini sama kayak perumpamaan talenta yang Tuhan kasih, semakin banyak saya terima maka semakin banyak pula akan saya pertanggungjawabkan.

Dari ayat ini saya benar-benar diingatkan akan apa yang Tuhan harapkan ketika banyak memprovide hidup saya. Yaitu agar saya tidak berpuas diri dan jadi nyaman dengan itu, tapi harusnya keadaan itu membuat saya semkin giat dan bersemangat dalam melakukan pertobatn saya dan berkabung dengan bagian hidup saya yang tidak menyenangkan hati Tuhan.

Tidak ada yg mustahil, Tuhan sudah membertahukan hal yg bisa menolong saya dlm lakukam pertobatan saya itu yakni dengan datang meminta dan mengandalkan kekuatan/ pertolongan dari Tuhan, krn daripadaNyalah ada jalan keluar.

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.”

Palopo, 11-05-2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.