Titus 3

Titus 3:1-2
Ingatkanlah mereka supaya mereka tunduk pada pemerintah dan orang-orang yang berkuasa, taat dan siap untuk melakukan setiap pekerjaan yang baik. Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang.

Surat terakhir Paulus buat Titus ini kembali lg memberikannya tugas yg tidak mudah, dibuka dengan perintah buat menasehati orang-orang Kreta buat obey pada aturan yang berlaku di tempat mana mereka hidup, bahkan obey pada orang-orang yg duduk di bangku pemerintahan itu.

Bagaimana dengan saya saat ini? Bisakah saya mematuhi pemerintah ! Bukan krn takut dihukum tapi karena Firman yang saya percaya sebagai seorang murid meminta saya untuk lakukan.

Krn psikologisnya, jika saya patuh karena takut dihukum, maka saat ada aturan yang tidak ada hukumannya besar kemungkinan saya akan melanggarnya, beda halnya klu saya bisa lihat aturan itu juga datangnya (berlaku krn seizin Tuhan) dari Tuhan. Berarti aturan itu tujuannya buat menjaga hidup saya berkenan di hadapanNya, so tanpa hukumanpun saya harus mengusahakannya, krn sayalah yg butuh itu.

Contohan yg kelihatannya simple tp belakangan jd heboh sejak adanya pandemi ini adalah aturan untuk memakai masker, beneran hal yang simple sih apalagi buat bikers tapi kadang klu lg panas banget merasa berat buat memakainya, nah saat tidak enak itu apakah saya tatap mau pakai masker itu! meskipun tak ada hukuman push up jika melanggar alias tidak pakai masker!

Alasannya cuman satu karena punya keyakinan klu aturan yang dibuat oleh pemerintah itu asalnya bukan dr pemikiran mereka saja tp dr Tuhan yang memilih mereka buat mengeluarkan aturan itu! Yg artinya Tuhanpun mau untuk saya memakai masker kemanapun atau bertemu siapapun untuk kebaikan saya.

Dari ayat ini pula saya bisa lihat bahwa saat saya bisa lakukan dngan obey, bukan hanya untuk perintah dari Firman Tuhan, akan tetapi aturan yang dr pemerintahpun juga sama, Tuhan akan perhitungkan tindakan kepatuhan saya itu sebagai pekerjaan yang baik, satu bentuk pekerjaan Tuhan yang bs menyenangkan hatiNya.

Dan masih banyak lagi nasehat-nasehat dr surat Paulus ini yang bisa bantu hidup saya buat miliki teladan hidup dari tindakan yang saya lakukan seolah-olah di hadapan Tuhan, bukan di hadapan sesama manusia saja. Selain teladan dalam ketaatan juga teladan dalam keramaahan dan kelemahlembutan saya ke semua orang.

agar Arie yang sudah percaya kepada Allah sungguh-sungguh berusaha melakukan pekerjaan yang baik.

Palopo, 14-08-2020
Have a good night

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.