Matius 17

Matius 17:17
Maka kata Yesus: “Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu ke mari!”

Pada bagian ini diceritakan bagaimana seseorang datang kepada Yesus untuk memohon kesembuhan bagi anaknya, tidak hanya itu, ternyata sebelum datang kepada Yesus, ia sudah terlebih dahulu datang kepada murid Tuhan dan mereka tidak berhasil menyembuhkannya. Dan ayat diatas adalah respon Tuhan terhadap mereka.

Apakah yang dimaksud angkatan yang tidak percaya disini adalah orang itu atau murid-murid Yesus?

Matius 17:20
Ia berkata kepada mereka: “Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Memang orang itulah yang Tuhan maksud sebagai orang yang tidak percaya.
Tapi disaat yang sama, penyebab mukjizat kesembuhan itu tidak terjadi karena murid-murid yang menyembuhkan kurang percaya.
Jadi tidak ada perbedaan antara seorang yang tidak percaya dan kurang percaya.

Matius 17:27
Tetapi supaya jangan kita menjadi batu sandungan bagi mereka

Dari bacaan ini saya belajar :

  1. Hal-hal yang luar biasa terjadi bukan karena apa yang orang lain bisa lakukan buat hidup saya tapi diawali dari saya yang mau percaya.
  2. Percaya penuh sama Tuhan/tidak suam-suam kuku karena saat saya kurang percaya saat itu saya tidak ada bedanya dengan orang yang tidak mengenal Tuhan.
  3. Menjaga hidup dan tindakan sya agar jangan jadi batu sandungan/penghalang orang lain buat mau mengenal Tuhan.

Palopo, 17-05-2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *