Yeremia 21

Yeremia 21:1-2
Firman yang datang dari TUHAN kepada Yeremia, ketika raja Zedekia mengutus Pasyhur bin Malkia dan imam Zefanya bin Maaseya kepadanya dengan pesan: “Tanyakanlah kiranya petunjuk TUHAN untuk kami, sebab Nebukadnezar, raja Babel, memerangi kami! Barangkali TUHAN mau melakukan kepada kami tepat seperti perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib, sehingga Nebukadnezar mundur meninggalkan kami.”

Wahhh Pasyhur ini bukannya kepala rumah Tuhan yang sebelumnya memukul dan memasung Yeremia yah? Orang yang tidak suka dengan nubuatan Yeremia, sekarng malah dapat perintah untuk menegosiasi nubuatan itu.
Nanti nubuatannya ada di depan mereka baru mereka percaya dan mau supaya hal itu dibatalkan.

Yeremia 21:5-6&10
Aku sendiri akan berperang melawan kamu dengan tangan yang teracung, dengan lengan yang kuat, dengan murka, dengan kehangatan amarah dan dengan kegusaran yang besar. Aku akan memukul penduduk kota ini, baik manusia maupun binatang; mereka akan mati oleh penyakit sampar yang hebat….Sebab Aku telah menentang kota ini untuk mendatangkan kecelakaan dan bukan untuk mendatangkan keberuntungannya

Dan inilah respon dari Tuhan atas negosiasi yg raja Zedekia harapkan itu. Bukannya menolong mereka seperti apa yang mereka harapkan, skrng Tuhan sendiri yang akan jadi lawan mereka. Udah pasti nggak ada obatnya.

Dari firman Tuhan ini;

  1. Saya tidak mau seperti Pasyhur, yang tidak punya iman akan janji Tuhan. Sebaliknya saya mau membangun iman yg percaya meskipun penggenapan firman Tuhan belum terjadi. Karena jika nanti sudah terjadi baru percaya maka itu bukan iman lg. Krn orang yang nggak percaya Tuhanpun pasti akan percaya akan kejadian yg sudah ada di depan mata mereka.
  2. Saya mau menggali Firman Tuhan dengan lebih dalam lagi agar saya bisa mengerti setiap nubuatan dan janji Tuhan dengan tepat agar saya punya pegangan sendiri dan ketika saya sampaikan kepada orang lain itu bisa menolong mereka bukan menjerumuskan (1 Tim 4:16)

Palopo, 21-06-2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *