1 Korintus 13

1 Korintus 13:1-3
Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna. Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.

Masih dalam ruang lingkup “pertemuan jemaat” Korintus yg banyak mendatangkan keburukan buat tubuh Kristus, Paulus berusaha menjelaskan bahwa inti dari jemaat/murid adalah kasih.
Meskipun saya punya banyak talenta tetapi tidak bisa mengutamakan kasih saat menggunakan itu, semuanya akan sia-sia, malah bisa menimbulkan perpecahan di tengah jemaat.

1 Korintus 13:4-8
Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Kasih tidak berkesudahan

1 Korintus 13:9
Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna.

Seorang sekaliber Paulus aja sadar klu pengetahuan dan nubuat yg ia punyai itu nggak bisa sempurna, hanya kasih=Tuhan yg bisa menyempurnakannya. Apalagi hanya saya😅 yg butiran debu ini. Bagaimana bs saya menyombongkan talenta yg ada pada saya n bilang klu cukup hanya itu saja, nggak harus mengasihi.

Hari ini saya diingatkan kembali akan :

  1. Pentingnya saya mengutamakan orang lain dari diri saya sendiri dengan melakukan kasih saya ke orang lain, agar saya jangan jadi pemecah di dalam jemaat Tuhan.
  2. Apapun yang ada pda saya saat ini baik itu skill ataupun kemampuan tidak akan bisa membangun jemaat Tuhan jika saya menggunakannnya tanpa kasih. Benar-benar menegur gw banget😣. Semua yg ada pda saya akan bawa saya ke kesombongan.
  3. Kasih yang tidak berkesudahan, saya harus lakukan itu dengan tidak henti.

Palopo, 14-10-2020
Have a blessed day🙏🏻

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *