Yeremia 16

Yeremia 16:2-4
Janganlah mengambil isteri dan janganlah mempunyai anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan di tempat ini. Sebab beginilah firman TUHAN tentang anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan yang lahir di tempat ini, tentang ibu-ibu mereka yang melahirkan mereka dan tentang bapa-bapa mereka yang memperanakkan mereka di negeri ini: Mereka akan mati karena penyakit-penyakit yang membawa maut; mereka tidak akan diratapi dan tidak akan dikuburkan; mereka akan menjadi pupuk di ladang; mereka akan habis oleh pedang dan kelaparan; mayat mereka akan menjadi makanan burung-burung di udara dan binatang-binatang di bumi.

Jadi selama masa pelayanannya di Yehuda, Yeremia benar-benar seorang single sampai akhir. Bukan semata-mata karena itu baik buat rencana Tuhan tapi terlebih lagi buat Yeremia sendiri agar terhindar dr kemalangan/malapetaka yg Tuhan rencanakan terhadap bangsa itu.

Yeremia 16:14-15
Sebab itu, demikianlah firman TUHAN, sesungguhnya, waktunya akan datang, bahwa tidak dikatakan orang lagi: Demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir!, melainkan: Demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah utara dan dari segala negeri ke mana Ia telah menceraiberaikan mereka! Sebab Aku akan membawa mereka pulang ke tanah yang telah Kuberikan kepada nenek moyang mereka.

Tuhan bebas menentukan siapa yang akan Ia pilih, di sinipun Tuhan mengganti orang yang Ia pilih yaitu Yehuda karena perbuatan mereka tidak selayaknya perbuatan seorang yang dipilih Tuhan.
Satu generasi yang keluar dari tanah Mesir akan Tuhan gantikan dengan generasi yang baru yang keluar dari tanah Babel, dengan maksud agar mereka punya hati yang baru yg bisa mendekat kepada Tuhan.

Yeremia 16:17
Sebab Aku mengamat-amati segala tingkah langkah mereka; semuanya itu tidak tersembunyi dari pandangan-Ku, dan kesalahan merekapun tidak terlindung di depan mata-Ku.

Setiap hal yang bangsa ini lakukan sangat Tuhan perhatikan, tidak ada satupun yang terluput. Oleh karena itu tidak ada satupun lg yang bisa membela mereka dari tingkah laku mereka yang jahat.

Yeremia 16:20-21
Dapatkah manusia membuat allah bagi dirinya sendiri? Yang demikian bukan allah! “Sebab itu, ketahuilah, Aku mau memberitahukan kepada mereka, sekali ini Aku akan memberitahukan kepada mereka kekuasaan-Ku dan keperkasaan-Ku, supaya mereka tahu, bahwa nama-Ku TUHAN.”

Dari Firman Tuhan ini,

  1. Saya mengusahakan kekudusan hidup saya, krn dari sini saya makin mengerti arti kekudusan, arti memisahkan diri dr dunia, punya hidup yang berbeda, karena sejak semula dunia sudah Tuhan rancang buat dihukum, dan Tuhan mau supaya saya yg dikasihiNya tidak termasuk di dalamnya.
  2. Saya makin mengerti klu Tuhan sangat bisa menggantikan saya dari orang pilihan menjadi orang buangan jika saya tidak bisa dengar dan lakukan perjanjian Tuhan dengan saya. Perjanjian untuk lakukan setiap perintahNya. Sama halnya dengan kontrak, ketika salah satu tidak patuh pada kontrak maka pihak lainpun tidak terikat lagi dangan kontrak.
  3. Perbuatan dan cara hidup sayalah yang akan menjadi pembela saya di hadapan Tuhan, sedangkan yang jadi hakimnya adalah Firman Tuhan yang merupakan ukuran hidup seorang yang berkenan di hadapan Tuhan.

Palopo, 16-06-2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.