1 Korintus 16

1 Korintus 16:1
Tentang pengumpulan uang bagi orang-orang kudus, hendaklah kamu berbuat sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang kuberikan kepada Jemaat-jemaat di Galatia.

Bagian akhir dari surat Paulus yang pertama kepada jemaat Korintus ini mengajak jemaat disana untuk tidak self fokus, tapi mau membagikan berkat yang ada pada mereka sebagai suatu jemaat kepada jemaat yg lain yang membutuhkan untuk menopang pemberitaan injil di tempat lain sebagai satu tubuh dalam Yesus Kristus.

1 Korintus 16:8-9
Tetapi aku akan tinggal di Efesus sampai hari raya Pentakosta, sebab di sini banyak kesempatan bagiku untuk mengerjakan pekerjaan yang besar dan penting, sekalipun ada banyak penentang.

Sama seperti yang Paulus contohkan bagaimana ia meskipun sedang membangun jemaat di Efesus dan mengalami banyak persoalan di sana, ia tetap memperhatikan jemaat di Korintus lewat surat ini, agar semua bagian tubuh Tuhan rapi tersusun mengarah ke Tuhan. Padahal bisa saja kan dia beralasan buat menyelesaikan masalah di Efesus dl baru memikirkan masalah di Korintus.

1 Korintus 16:17
Aku bergembira atas kedatangan Stefanus, Fortunatus dan Akhaikus, karena mereka melengkapi apa yang masih kurang padamu; karena mereka menyegarkan rohku dan roh kamu

Karena selayaknya antara satu murid dan murid yang lain harus saling melangkapi bukan saling menguras, saling menyegarkan (jadi ingat pelajaran H2O kemarin dr pak budi😋)

Dari firman Tuhan ini saya diingatkan untuk :

  1. Tidak egois dengan apa yang saya punya saat ini baik saat berlebih maupun kekurangan, saya tetap harus mendorong diri saya untuk membagikan/ memperhatikan murid/jemaat yang lain. Krn itulah fungsi saya sebagai tubuh Kristus.
  2. Kesempatan buat berbagi dan mengasihi itu tidak datang dua kali, jika hal itu datang pada saya, saya harus melakukannya tanpa menunggu keadaan saya harus baik-baik dl.
  3. Saya harus jaga hati saya untuk melihat setiap murid yang Tuhan ijinkan hadir dalam hidup saya itu tujuannya buat melangkapi apa yang kurang dari saya, dan itu harusnya menyegarkan hati dan pikiran saya. Demikian sebaliknya sayapun harus bisa melengkapi apa yng kurang dari murid yang lain dan bisa menyiramkan kesegaran dalam hidup mereka.

Palopo, 17-10-2020
Have a goodly weekend🤗

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.