1 Tawarikh 10

Setelah membahas keturunan2 bangsa pilihan Tuhan yang berasal dari orang pilihan Tuhan, skrng masuk ke bagian dimana Tuhan memilih raja sebagai pemimpin buat bangsa pilihanNya ini, karena mereka sendiri yang minta dipimpin seorang raja, maka Tuhan mengangkat Saul menjadi raja pertama bangsa Israel.

1 Tawarikh 10:2-4
Orang Filistin terus mengejar Saul dan anak-anaknya dan menewaskan Yonatan, Abinadab dan Malkisua, anak-anak Saul. Kemudian makin beratlah pertempuran itu bagi Saul; para pemanah menjumpainya dan melukainya. Lalu berkatalah Saul kepada pembawa senjatanya: “Hunuslah pedangmu dan tikamlah aku, supaya jangan datang orang-orang yang tidak bersunat ini memperlakukan aku sebagai permainan.” Tetapi pembawa senjatanya tidak mau, karena ia sangat segan. Kemudian Saul mengambil pedang itu dan menjatuhkan dirinya ke atasnya.

Dalam peperangan melawan orang Filistin, raja Saul beserta keluarganya terbunuh seketika, why? Bukannya Tuhan yang memilih dia? Harusnya Tuhan lindungi

1 Tawarikh 10:13-14
Demikianlah Saul mati karena perbuatannya yang tidak setia terhadap TUHAN, oleh karena ia tidak berpegang pada firman TUHAN, dan juga karena ia telah meminta petunjuk dari arwah, dan tidak meminta petunjuk TUHAN. Sebab itu TUHAN membunuh dia dan menyerahkan jabatan raja itu kepada Daud bin Isai.

Bukan Tuhan tidak mau lindungi Saul dan keluarganya, tapi itu krn Saul sendiri yang mulai tidak setia sama Tuhan, tidak mau mengandalkan Firman Tuhan, ia malah lebih percaya sama petunjuk arwah/jampi.

Dari saat teduh saya pagi ini saya makin belajar bahwa setelah jadi murid pilihan Tuhan bukanlah jaminan bahwa kasih dan perlindungan Tuhan berlaku terus kepada saya tanpa syarat. Tetap ada syaratnya, dan syaratnya ini sangat bergantung kepada saya bukan kepada Tuhan, layaknya perjanjian 2 arah, ada yang saya harus lakukan untuk sebagai pihak yang satu baru pihak yang lain akan melakukan bagiannya. Saya harus setia dl sama Tuhan dan lakukan apa yang Ia perintahkan untuk saya lakukan, baru setelah itu Tuhan akan lakukan bagiannya.

Palopo, 24-01-2021
Have a nice day

Pihak pertama (saya)
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya,

Pihak kedua (Tuhan)
maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.