Yeremia 11

Yeremia 11:17
TUHAN semesta alam, yang telah membuat engkau tumbuh, telah menentukan malapetaka atasmu karena kejahatan yang telah dilakukan oleh kaum Israel dan kaum Yehuda untuk menimbulkan sakit hati-Ku dengan membakar korban kepada Baal.”

Tuhan memang sudah menjadikan bangsa Israel sebagai buah hatiNya, buktinya meskipun mereka sering berpaling dari Tuhan, Tuhan tetap bersabar kepada mereka, Tuhan terus-terusan memperingatkan mereka akan kesalahan yang mereka perbuat sejak zaman nenek moyang mereka yg keluar dr tanah Mesir sampai kepada keturunan yg sekarang.
Tapi karena sikap hidup mereka dan kebebalan/kedegilan hati mereka sehingga Tuhan “dengan sangat terpaksa” memperingatkan mereka dengan lebih keras yaitu lewat malapetaka.

Yeremia 11:20
Tetapi, TUHAN semesta alam, yang menghakimi dengan adil, yang menguji batin dan hati, biarlah aku melihat pembalasan-Mu terhadap mereka, sebab kepada-Mulah kuserahkan perkaraku. Sebab itu beginilah firman TUHAN tentang orang-orang Anatot yang ingin mencabut nyawaku dengan mengatakan: “Janganlah bernubuat demi nama TUHAN, supaya jangan engkau mati oleh tangan kami!”

Yeremia sadar klu Tuhan selalu menyertai dia dan hanya Dialah yang berhak membalaskan setiap rancangan buruk yang dibuat orang lain kepadanya. Karena ia sadar hanya Tuhan yang adil dan bisa membalas tanpa buat salah lg.

Dari saat teduh ini saya :

  1. Belajar dari pengalaman bangsa Israel yang dengan kedegilan hati mereka memaksa Tuhan untuk mendatangkan malapetaka atas mereka, hari ini saya harus belajar lebih lagi untuk melembutkan hati saya di hadapan Firman Tuhan sehingga mau dibentuk dan ikuti apa yang Tuhan mau.
  2. Mau menyerahkan setiap perkara saya dengan orang lain ke dalam tangan Tuhan yaitu dengan mau melakukan bagian saya untuk mengampuni orang lain dan berinisiatif membereskan masalah saya jika itu bergantung pada saya.

Palopo, 11-06-2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.