1 Tawarikh 11-12

Setelah Saul mati, Tuhan memilih raja lain untuk memimpin bangsa Israel yaitu Daud.
Dan pada bagian ini kembali lagi saya harus membaca begitu banyak nama, bukan nama bangsa Israel saja, tapi nama-nama orang hebat yang mendampingi Daud

1 Tawarikh 11:10
Inilah kepala-kepala para pahlawan yang mengiringi Daud, yang telah memberi dukungan yang kuat kepadanya, bersama-sama seluruh Israel, dalam mencapai kedudukan raja dan yang mengangkat dia sebagai raja, seperti yang difirmankan TUHAN mengenai Israel.

1 Tawarikh 12:1
Inilah orang-orang yang datang kepada Daud di Ziklag, selama ia harus menyingkir karena Saul bin Kish. Merekapun termasuk pahlawan-pahlawan yang membantu dia dalam peperangan.

Saat membaca nama-nama orang hebat ini saya jadi sadar :

  1. Daud menjadi raja yang hebat bukan hanya karena secara personal ia hebat, malah sama sekali ia nggak pernah berperang langsung, pasti pahlawan-pahlawan hebat inilah yang maju duluan.
  2. Hal itu terjadi karena Tuhan menyertai Daud dan Tuhan sendiri yang mendatangkan pahlawan-pahlawan ini untuk membantu Daud dengan kapasitas mereka yang luar biasa.
  3. Daud sangat mengandalkan Tuhan, bukan saja saat menyerang lawannya, bahkan untuk bernegosiasi dengan kawannyapun ia bergantung sama Tuhan.

Dari ayat ini saya makin belajar bagaimana:

  1. Pentingnya komunitas/kumpulan orang-orang yang mau berjuang bersama untuk hidup benar dihadapan Tuhan. Daud aja yang raja luar biasa sangat ngandalin pahlawan-pahlawannya untuk berperang, apalagi saya yang bukan apa-apa ini.
  2. Mau terus bergantung sama Tuhan untuk hadapi setiap sisi hidup saya, baik itu hal buruk maupun hal baik, karena yg buruk buat saya belum tentu buruk dalam rencana Tuhan, yang baik buat saya, belum tentu baik dalam rencana Tuhan untuk hidup saya.
  3. Mau dipakai Tuhan dengan lebih lagi baik sebagai Daud maupun sebagai pahlawan2 Daud karena saya juga adalah bagian dari bala tentata Allah dengan kapasitas/talenta yang berbeda tapi special.

Palopo, 26-01-2021
Have a good day soldier
👮🏻‍♂️👨🏻‍⚕️👷🏻‍♂️👨🏻‍🌾
👨‍🎓👨‍🍳👨🏻‍🏫👨🏻‍🏭
👨🏻‍💻👨🏻‍💼👨🏻‍🔧👨🏻‍🚒
👨🏻‍🎨👨🏼‍✈️👨🏻‍🚀👨🏻‍⚖️
🤵🏻‍♂️👨🏻‍🎤🕵🏻‍♂️💂🏻‍♂️

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.