Whole hearted devotion

Nubuat Yesaya dan Yehuda

Background buku Yesaya

  • Periode sejarah : Abad ke 8 SM
  • Kepercayaan2 baru mulai lahir di China, India, Athena Yunani, roma Italy
  • Terdapat sebuah bangsa Yehuda dengan nama kota Yerusalem disanalah Yesaya bernubuat yang merupakan titik lalu lintas/high traffic

Pada masa itu ada 2 bangsa yang besar yaitu Asyur (atas) dan Mesir (bawah) tapi untuk melakukan perdagangan, harus melewati Yerusalem.

Lokasi tersebut di pilih Tuhan untuk menjadi tempat bangsa Israel agar supaya orang bisa melihat bangsa yang disertai Tuhan.

Ketika kita ditempatkan disuatu tempat, pasti itu ada maksud dan tujuan.

Yesaya adalah alkitab dalam versi mini

Kenapa kita harus kagum sama Tuhan??

Yesaya 2: 1-4 hari-hari terakhir dimana seluruh bangsa akan datang ke Yerusalem, apa yang dikatakan Yesaya tentang hal itu benar terjadi.

Yesaya 9:6 raja damai akan lahir yaitu Yesus juga benar terjadi

Buku Kejadian : dari satu orang saja (Abraham) bisa menjadi suatu bangsa yang besar, kemudian dihancurkan lagi, dan kemudian muncul seorang penebus yaitu Tuhan Yesus.

Yesaya 10:21-22 hanya sisa-sisa bangsa yang akan kembali

Itulah kenapa Tuhan sangat luar biasa karena sanggup membuat hal-hal tersebut.

Bahkan bangsa Asyur yang (dibuat) besar oleh tangan Tuhan itu bisa dipakai Tuhan untuk memperlihatkan kuasa Tuhan dimata bangsa Israel. Tapi yang sebesar itupun Tuhan bisa hancurkan.

Tuhan itu begitu powerfull, bisa membuat sesuatu yang kecil menjadi besar, dan bisa mengecilkannya kembali sesuai yang Tuhan mau.

Yesaya 40:12 & 15
Siapa yang menakar air laut dengan lekuk tangannya dan mengukur langit dengan jengkal, menyukat debu tanah dengan takaran, menimbang gunung-gunung dengan dacing, atau bukit-bukit dengan neraca? Sesungguhnya, bangsa-bangsa adalah seperti setitik air dalam timba dan dianggap seperti sebutir debu pada neraca. Sesungguhnya, pulau-pulau tidak lebih dari abu halus beratnya.

Pernah nggak kita memikirkan Tuhan begitu berkuasa.

Buki Yesaya mencatat 2 kejadian :

  1. Tragically story (Yesaya 1:2-3&5)

Bangsa Israel kelihatan begitu buruk daripada seekor binatang, tapi itu tidak jauh berbeda dr kita.

2 Timotius 3:1-5

Kenapa ego kita masih begitu besar, daripada menghancurkan hati kita untuk melihat kebesaran Tuhan.

Kehancuran hati bukanlah keadaan ketika kita merasa tidak layak dihadapan Tuhan saja, tapi tentang sikap hati yang meu berubah dihadapan Tuhan. Hancur hati adalah awal dari Iman dan keslamatan.

Yakobus 2:17
Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

Ibrani 11:1
Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Sama seperti itu, saat ini ketika kita percaya Yesus, tapi buah pertobatan kita tidak ada, bahtera keselamatan tidak pernah kita bangun.

Percaya kata Yesus, berarti tidak percaya kata dunia.

Yesaya 53:5
Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Bapa mengirimkan Tuhan Yesus hanya demi saya dan kamu agar bisa hancur hati.

2 Korintus 5:14-15
Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati. Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.

History is His Story not Mine

Happy sunday
God Bless You🙏🏻

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.