Matius 4

Matius 4:1-3
Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.”

Setelah Tuhan Yesus dibaptis, maka Roh Allah membawaNya kepadang gurun untuk dicobai. Dengan “sengaja” Allah membawa/menyerahkan anakNya ke tempat pencobaan. Untuk apa? Emang harus yah kayak gitu? Kenapa harus lewat proses itu?

Saya melihat bahwa hal ini Tuhan tuliskan untuk menunjukkan kepada saya dan kamu bahwa pencobaan itu merupakan bagian penting dalam kehidupan saya sebagai seseorang yang mau hidup sebagaimana Tuhan Yesus hidup. Jadi ketika saya memutuskan untuk jadi muridNya, pencobaan harusnya bukan lagi menjadi hal yang membuat saya mempertanyakan kasih Tuhan. Kenapa saya dicobai! Tuhan saja dengan sengaja dibawa untuk dicobai, justru menjadi suatu kebanggaan kelau sayapun dibawa untuk dicobai, artinya Bapa memperlakukan saya sama dengan Tuhan Yesus.

Dari Firman Tuhan inipun saya jadi mengerti bagaimana Tuhan memang tidak pernah mencobai saya, hanya iblislah yang melakukan itu, iblis merupakan tools yang Tuhan pakai untuk menguji iman percaya saya. Jadi saat pencobaan itu datang, itu dikerjakan oleh iblis, yang dengan sengaja Tuhan izinkan terjadi dalam kehidupan saya. Ini membuat saya yakin bahwa Bapa berkuasa/berdaulat atas pencobaan. Demikian halnya dengan situasi saat ini dimana saya percaya bahwa Pandemi covid-19 pun Tuhan izinkan datang dalam hidup saya dan semua orang untuk tujuan yang baik untuk semakin memurnikan iman percaya saya. Untuk semakin membuat saya melihat siapa tuannya “who is my master”, dan membuat saya menjadi semakin bergantung padaNya

Dari saat teduh ini saya belajar :

  1. Bersyukur ketika saya jatuh dalam pencobaan karena Bapa memperlakukan saya sama dengan Ia memperlakukan Tuhan Yesus.
  2. Bahwa Tuhan itu berkuasa/memegang kendali atas setiap pencobaan yang dikerjakan oleh iblis dalam hidup saya
  3. Pencobaan itu baik untuk membuat iman saya makin murni dimata Tuhan.
  4. Terus menjaga hati saya, agar saat pencobaan itu datang sya tetap memiliki respon/kesadaran seperti pada 3 point di atas.

Palopo, 04 Mei 2020
Heve a good day

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.