Roma 4 – Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan

Roma 4:3
Sebab apakah dikatakan nas Kitab Suci? “Lalu percayalah Abraham kepada Tuhan, dan Tuhan memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.”

Pada bagian ini Paulus menceritakan tentang Iman seorang Abraham yang Tuhan perhitungkan sebagai kebenaran. Iman yang seperti apa?

Roma 4:18-21
Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.” Imannya tidak menjadi lemah, walaupun ia mengetahui, bahwa tubuhnya sudah sangat lemah, karena usianya telah kira-kira seratus tahun, dan bahwa rahim Sara telah tertutup. Tetapi terhadap janji Allah ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan, malah ia diperkuat dalam imannya dan ia memuliakan Allah, dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan.

Iman yang tetap percaya pada janji Tuhan bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa. Meskipun secara manusiawi hal itu sangat mustahil untuk terjadi mengingat usianya sudah sangat tua dan tubuhnya sudah sangat lemah dan bahwa rahim Sara istrinya telah tertutup, dari mana ia bisa jadi bapa sebuah bangsa, seorang anakpun ia tidak punya.

Iman Abraham tidak menjadi lemah, malah dengan penuh keyakinan, ia percaya kalau Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan.
Iman yang seperti inilah yang Tuhan perhitungkan sebagai kebenaran.

Hal itu tidak hanya berlaku untuk Abraham saja, tetapi ditulis juga untuk kita; sebab kepada kitapun Allah memperhitungkannya sebagai kebenaran, karena kita percaya kepada Dia, yang telah membangkitkan Yesus, Tuhan kita, dari antara orang mati, yaitu Yesus, yang telah diserahkan karena pelanggaran kita dan dibangkitkan karena pembenaran kita.

Jadi, saya harus punya keyakinan yang dalam akan setiap janji Tuhan yang telah Ia janjikan kepada saya pasti akan Ia penuhi. Belajar untuk punya fokus pada janji itu bukan pada keadaan yang sedang saya alami saat ini baik keadaan saya saat ini emang mendukung untuk janji itu terpenuhi atau tidak. Jangan sampai saya jadi ragu dan tidak percaya.

Palopo, 04-04-2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.