Yesaya 48

Yesaya 48:1
Dengarlah firman ini, hai kaum keturunan Yakub, yang menyebutkan dirinya dengan nama Israel dan yang adalah keturunan Yehuda, yang bersumpah demi nama TUHAN dan mengakui Allah Israel tetapi bukan dengan sungguh-sungguh dan dengan tulus hati

Tuhan tau segala sesuatu bahkan yang tersembunyi sekalipun, meskipun bangsa Israel adalah umat pilihan Tuhan dan mereka mengakui Tuhan menjadi Tuhan mereka, tapi Tuhan tau klu didalam hati mereka tidak bersungguh-sungguh akan hal itu. So meskipun saya merasa menjadi orang pilihan Tuhan dan mulut dan pikiran saya mengakui Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat saya, itu tidaklah cukup, hati saya harus mengatakan yg sama dengan seganap dan tulus hati, bukan karena kewajiban atau dorongan dr orang lain, tapi karena kasih saya kepada Tuhan.

Yesaya 48:3-5
Firman TUHAN: “Hal-hal yang terjadi di masa yang lampau telah Kuberitahukan dari sejak dahulu, Aku telah mengucapkannya dan telah mengabarkannya. Kemudian dengan sekonyong-konyong Aku melaksanakannya juga dan semuanya itu sudah menjadi kenyataan. Oleh karena Aku tahu, bahwa engkau tegar tengkuk, keras kepala dan berkepala batu, maka Aku memberitahukannya kepadamu dari sejak dahulu; sebelum hal itu menjadi kenyataan, Aku mengabarkannya kepadamu, supaya jangan engkau berkata: Berhalaku yang melakukannya, patung pahatanku dan patung tuanganku yang memerintahkannya.

Tujuan utama Tuhan membukakan banyak rahasia kehidupan dalam FirmanNya adalah agar saya yang tegar tengkuk/sering ragu dan keras kepala ini jadi tau hal apa saja yang Tuhan sudah dan sedang kerjakan dalam hidup saya dan sayapun makin percaya klu tiada satupun yang terjadi disekitaran saya diluar kontrol Tuhan. He is almighty One.

Yesaya 48:9-10
Oleh karena nama-Ku Aku menahan amarah-Ku dan oleh karena kemasyhuran-Ku Aku mengasihani engkau, sehingga Aku tidak melenyapkan engkau. Sesungguhnya, Aku telah memurnikan engkau, namun bukan seperti perak, tetapi Aku telah menguji engkau dalam dapur kesengsaraan. Aku akan melakukannya oleh karena Aku, ya oleh karena Aku sendiri, sebab masakan nama-Ku akan dinajiskan? Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain!”

Sekali lagi Tuhan mengingatkan saya dan km bahwa bukan karena apa yang kita perbuat sehingga membuat Tuhan begitu mengasihi kita. Tidak ada hubungan sebab akibat yang bisa mempengaruhi kasih Tuhan kepada hidup kita, tapi karena pribadi Tuhan sendiri yang membuat Tuhan melakukan semuanya itu. Diingatkan lagi tentang salah satu hal yang tidak bisa Tuhan lakukan yaitu Ia yang maha bisa itu tidak akan bisa untuk tidak mengasihi saya dan kamu.

Begitu juga belajar tentang proses didikan yang Tuhan pakai adalah proses didikan kesengsaraan, ujian demi ujian yang beratlah yang Tuhan hadirkan dalam hidup saya yang bisa bantu saya untuk lebih punya hidup yang murni dihadirat Tuhan.

Yesaya 48:18-19
Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti, maka keturunanmu akan seperti pasir dan anak cucumu seperti kersik banyaknya; nama mereka tidak akan dilenyapkan atau ditiadakan dari hadapan-Ku.”

Inilah janji Tuhan kepada kamu dan saya hari ini, janji yang luar biasa akan Tuhan yang akan menyediakan segala sesuatu asal saya dan kami mau untuk memperhatikan perintah-perintahNya.

Dari Firman Tuhan ini saya makin diingatkan untuk :

  1. Punya hati yang lebih tulus dan bersungguh-sungguh lagi mengakui Tuhan sebagai Tuhan dalam segala hal yang Tuhan sedang percayakan pada sya.
  2. Tidak tegar tengkuk/angin-anginan akan iman percaya saya akan kuasa Tuhan, karena melihat apa yang Tuhan sudah/sedang kerjakan dengan luar biasa dalam hidup saya.
  3. Tidak bermegah diri akan apa yang berhasil saya lakukan/pertahankan, bukan itu yang menentukan Tuhan mengasihi saya atau tidak, tapi karena emang itulah karakter Tuhan, yang perlu saya jaga adalah saya sendiri tidak membentengi diri saya dari kasih Tuhan dengan dosa-dosa saya.
  4. Lebih memperhatikan lagi setiap perintah Tuhan secara detail dan lebih dalam agar hikmat Tuhan benar-benar bisa menuntun hidup saya kearah yang Tuhan mau dan juga Tuhan akan menjaga hidup saya dengan itu.

Sorowako, 11-03-2020
Have a good night🙏🏻

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *