Roma 2 – Ciri orang yang hatinya dipenuhi Firman Tuhan

Surat Paulus untuk jemaat Roma pada bagian ini banyak menceritakan tentang karakter Tuhan yaitu

  1. Tuhan yang menghukum/menghakimi dengan jujur segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia (ayat 1-3). Dan karena itu saya tidak ada hal untuk menghakimi sesama saya karena sayapun ada saatnya akan melakukan hal yang sama.
  2. Kemurahan Tuhan yang mendorong pertobatan (ayat 4-5). Dari ayat ini saya bisa melihat bahwa kemurahan Tuhan itu bukan untuk saya anggap enteng karena itu sebenarnya hanyalah kesempatan yang Tuhan berikan kepada saya untuk segra melakukan pertobatan saya. Jika tidak saya lakukan, saya tidak berhak atas kemurahan Tuhan itu lg. Disin sya bs melihat klu ternyata kemurahan Tuhan itu ada batasnya, tp bukan Tuhan yang membuat itu terbatas melainkan saya dan hati saya sendiri yang membuatnya terbatas akan hidup saya.
  3. Tuhan akan membalas orang menurut perbuatannya (ayat 6-10). Dengan kata lain ketika saya tidak mau bertobat dan memanfaatkan kemurahan Tuhan, maka saatnya akan tiba Tuhan akan melakukan perhitungan yang adil dengan saya. Dan untuk hal ini sya sudah pastikan klu saya pasti tidak sanggup menyeimbangkan perbuatan baik saya dengan perbuaan jahat yang sudah saya lakukan.
  4. Tuhan tidak memandang buluh/tebang pilih (ayat 11-16). Tidak ada hak istimewa dimata Tuhan mau itu saya memutuskan tunduk dibawa hukum Taurat seperti orang Yahudi ataupun dr segi jabatan sebagai pendeta sekalipun tidak ada bedanya dimata Tuhan jika saya tidak mau melakukan pertobatan.

Roma 2:13&15
Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan….Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.

Dan inilah yang membuat saya dan kamu di mata Tuhan benar-benar punya hati yang didalamnya ada tertulis Firman Tuhan yakni ketika saya dan kamu melakukan apa yang dituntut dalam Firman Tuhan, termasuk tuntutan/tuntunan kemurahan Tuhan akan buah-buah pertobatan saya dan kamu.

Palopo, 02-04-2020
Jangan berhenti lakukan pertobatan kita setiap hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *